Rabu, 29 April 2009

Memes



Foto by: Darwis Triadi

Semua Ada Waktunya


Tak banyak orang bisa menjalani karier dan kehidupan kesehariannya secara proporsional barangkali Memes adalah salah satunya.


Cinta tak pernah berhenti melepaskan bias-bias keajaiban, kelopaknya juga tak pernah pupus melahirkan tumpukan inspirasi. Contohnya, cinta mampu menjaga keutuhan pernikahan musisi Addie MS dan Memes hingga memasuki usia ke -20. Cinta juga menjadi inspirasi bagi keduanya untuk melahirkan konser bertajuk “Keajaiban Cinta“.


Konser itu sendiri sanggup meninggalkan kesan bagi Memes. “Secara keseluruhan aku puas karena konser tersebut sanggup menyajikan sesuatu yang beda dan jarang.” Di samping itu, hal lain yang membuat Memes tersentuh adalah banyaknya penonton yang tergugah hatinya setelah menyaksikan pertunjukan tersebut. “Seusai konser banyak penonton yang nangis. Aku sendiri nggak tahu kenapa. Tapi menurutku ini luar biasa,”ujar Memes.


Memes mengawali kiprahnya di blantika musik Indonesia melalui album Terlanjur Sayang di tahun 1994. Lagu Terlanjur Sayang yang sama dengan judul albumnya cukup sukses di pasaran. Bahkan YKCI (Yayasan Karya Cipta Indonesia) menyebutnya sebagai lagu yang paling sering diputar selama tahun 1995.


Meski dikenal sebagai penyanyi, perempuan bernama Meidyana Maimunah mengenal jagad hiburan dari dunia model dan tari. Memes pernah tercatat sebagai finalis II wajah Femina dan anggota Swara Mahardhika angkatan IX. Bahkan dunia tari tak benar-benar ditinggalkan Memes. “Bulan April nanti saya terlibat pementasan sendra tari wayang bharata.”


Sebagai seorang penyanyi memes cukup produktif melahirkan album. Terhitung selama 18 tahun berkarier sebagi penyanyi sudah 8 album dihasilkannya, meski tak semuanya meledak seperti album pertama dan ke tiga. “Saat ini persaingan di industri musik sangat ketat. Masalah yang dihadapi juga lebih kompleks selain maraknya pembajakan jumlah penyanyi dan band baru terus bermunculan,” ujar Memes.


Selain masalah di atas hal lain yang menurut Memes turut menambah sengit peta persaingan adalah semakin banyaknya band indie serta kontes pencarian bakat di televisi. Hal inilah yang membuat Memes makin sadar akan fase kehidupan yang harus dijalani. “Roda berputar kita tak bisa menolaknya,” ujarnya santai.


Hal itu pula yang membuat Memes mencoba merambah dunia lain di luar hiburan yaitu bisnis properti. “Semuanya masih dalam taraf penjajakan,” tukasnya. Meski belum memutuskan untuk mengelola bisnis properti, tapi untuk soal investasi properti adalah salah satu pilihan Memes. Di samping reksadana dan media investasi lainnya.


Sebagai pribadi biasa Memes terbilang cukup sukses menjalani kehidupan kesehariannya. Hampir tidak ada berita-berita sensasional dari dirinya dan keluarga. Memes menikah dengan musisi Addie MS pada tanggal 13 September 1987. Dari pernikahan mereka lahir Kevin Aprilio dan Tristan Juliano.


Meski tak ingin menjadikan kedua anaknya sebagai musisi tetapi aliran darah dari kedua orang tuanya begitu kental mempengaruhi keduanya. “Anakku yang nomor dua senang dengan musik klasik. Sedang Kevin mungkin tahun ini akan rilis album. Dia yang ciptakan lagunya sekaligus main piano tapi tidak nyanyi,” ujar Memes.


Sampai kapan Memes akan bernyanyi? “Karena sudah panggilan jiwa, aku akan terus bernyanyi selama Tuhan masih memberi energi.” Meski di satu sisi Memes mengisyaratkan dia mungkin akan berhenti menerbitkan kreasinya dalam bentuk rekaman. “Untuk membuat album butuh perhitungan yang rasional,” uajar Memes menutup pembicaraan.

Tidak ada komentar: