Senin, 20 April 2009

Perpaduan Tradisional dan Tradisi


Foto by: Darwis Triadi

Batik “Centini

Batik tradisonal secara historis berasal dari zaman nenek moyang dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya batik di Jawa Tengah mengalami perubahan. Dari corak lukisan binatang dan tanaman, lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya.


Selanjutnya, melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini. Pada umumnya batik digunakan untuk kain jarik, kemeja, sprei, taplak meja, dan busana wanita. Mengingat jenis produk ini amat dipengaruhi selera konsumen dan perubahan waktu maupun model, maka perkembangan industri batik di Jawa Tengah mengalami perkembangan yang cepat. Mulai rancangan, penampilan, corak dan kegunaannya, disesuaikan dengan permintaan dan kebutuhan pasar baik dalam maupun luar negeri.


Batik adalah sebuah karya seni yang layak untuk dikoleksi. Tetapi tetap bisa dikenakan sebagai busana yang setiap saat dapat diganti modelnya berdasarkan cara pemakaiannya. Dipadu dengan atasan dari modifikasi bustier. Begitulah Anita Azhar dalam berkreasi memadupadankan kebudayaan tradisional dengan kemodernannya zaman.


Disainer asal kota Yogyakarta ini dengan kreatif dan inovatif, merancang kain batik menjadi busana malam dan cocktail etnik modern. Batik tulis berbahan sutera tenun ATBM dan berwarna alam, mengubah penampilan wanita aktif yang ingin mengekspresikan penampilannya lebih berbeda.


Trend busana berpotongan simple yang kini beredar, tak membuat wanita yang dipercaya merancang busana Miss Universe 2002 Oxana Federova asal Rusia ini, kehabisan ide. Batik utuh tanpa ada potongan menjadi gaun, rok panjang & ballgawan dengan renda-renda dan ruffles, membuat wanita tampak lebih feminim dan seksi. Dengan sentuhan finishing sulam, payet Jepang dan batu, memberikan kesan elegan pemakainya.


MODEL: PURI, VIKA, INA BUSANA: NITA AZHAR AKSESORI: BOROBUDUR SILVER

LOKASI: TAMAN SARI YOGYAKARTA

Tidak ada komentar: