Kamis, 23 April 2009

Buat yang Open Minded

Foto-foto by: Darwis Triadi
Orientalismu adalah, cara pandang yang menganggap dunia timur yaitu asia, sebagai suatu dunia yang eksotik. Dunia tersebut berisi manusia-manusia yang indah dengan kebudayaan yang primitif namun menyenangkan dan memuat hal-hal yang romantik.

Pandangan inilah yang mendasari bangsa-bangsa Eropa pada masa lampau berlayar menuju negeri-negeri timur jauh. Mereka menganggap bangsa-bangsa yang tinggal di tanah tropis tersebut tentunya bangsa yang elok dengan tananhnya yang subur dan iklim yang bersahabat. Hal-hal yang bertentangan dengan kondisi tanah dan iklim Eropa yang keras.

Pandangan ini juga yang dibawa bangsa Belanda saat menguasai tanah yang kemudian dikenal dengan nama Indonesia. Para orientalis Belanda menamakan tanah ini dengan sebutan mooi indie atau mooi indische yang berarti Hindia Belanda yang cantik.

Lewat baju rancangannya, Ahmad Sofie Yullah ingin membangkitkan semangat itu. Rancangan dengan tema Mooi Indische merupakan karya yang terinspirasi pandangan tentang hal-hal yang indah tersebut. “Saya ingin menggambarkan situasi saat Indonesia mendapat pengaruh kultur dari bangsa-bangsa yang dating untuk mengagumi keindahan tanah ini,” kata perancang yang menggunakan merk Sofie ini.


Baju-baju Sofie merupakan baju-baju dengan sentuhan khusus dan sophisticiate. Ia menggunakan warna-warna seperti merah maroon atau pun metallic green. “Saya mencampur warna sesuai keinginan kita sendiri. Tidak ada patokan percampuran warna yang baku. Yang penting berana saja,” ujarnya.


Warna-warna etnik seperti sutera Thailand oleh Sofie dipadukan dengna corak tradisional seperti songket dan lurik. Ia bahkan terkesan menabrakkan saja corak-corak tersebut, yang anehnya justru menimbulkan kesan unik tersendiri.


Meski demikian Sofie tak mau terjebak dengan membuat baju bergaya punk atau hippie yang sama sekali tidak mengikuti kaidah keserasian. Ia tetap memadukan keseimbangan. “Kalau atasannya sudah ramai, saya menganjurkan pengunaan bawahan yang simple. Begitupun sebaliknya,” lanjut perancang kelahiran 9 Maret ini.


Untuk mencapai keindahan, dan keserasian memang diperlukan keberanian dan sedikit kenekatan. Tentunya kenekatan yang terukur dan akan menunjukkan kematangan si pengguna. Karena itulah ia memang mengarahkan baju rancangannya teserbut kepada wanita berusia 25 tahun ke atas yang open minded dan mengerti sedikit atau bahkan sangat tertarik dengan art. Baju-baju ini akan membuat mereka berpenampilan lain di lingkungannya yang mungkin konservatif dalam berbusana.


Apakah Anda memiliki sedikit kenekatan itu?


Model: Natasha, Make Up: Uthe, Busana: Sofie, Aksesoris: Tasha D. Gioielli, Penata Gaya: Ria S


2 komentar:

Evie Alyanti mengatakan...

really Wonderfulll..

Peter mengatakan...

I love everything about it. Great depth of field and details.